7 Tahun belakangan ini Indonesia dihebohkan oleh mode
transportasi lama tetapi di kemas baru, siapa yang tidak tahu PT. Go-jek
Indonesia. Ya , PT.Go-jek Indonesia adalah penyedia layanan transportasi
tersebut. Gojek menyediakan transportasi “Ojek” dan “Taksi” berbasis online. Tak disangka ide
kreatif ini digagas oleh pemuda asal Indonesia bernama Nadiem Makarin. Berkat
dari pandangan nya terhadap ojek konvensional yang setiap hari nya menunggu
penumpang hingga seharian hanya mendapat beberapa penumpang saja bahkan belum
tentu dapat penumpang. Singkat cerita, kita pasti tahu semua kalau traffic di Jakarta
itu sangatlah macet, hampir kebanyakan mobil hanya terdapat 1 penumpang
didalamnya. Melihat dari pandangan tersebut para pengguna transportasi darat
sangat membutuhkan layanan transportasi cepat walau macet, ojek lah solusinya.
Pada tahun 2011 awal berdirinya Gojek, pengguna layanan Gojek
belum Online , masih menggunakan Call Center untuk memesan driver Gojek, tetapi
dua tahun kemudian Gojek meningkatkan pelayanannya dengan menggunakan Aplikasi
berbasis online sehingga penumpang tidak perlu lagi menelpon Call Center untuk
memesan driver Gojek cukup dengan memesan lewat smartphone yang telah terhubung
dengan Internet.
Pada layanan Gojek ini tentunya menggunakan Teknologi yang
mengedepankan Teknologi Informasi, karna untuk era sekarang ini tak bisa dipungkiri
hampir semua menggunakan Teknologi Informasi untuk berbagai kebutuhannya.
Teknologi Informasi yang di gunakan aplikasi Gojek ini antara lain :
1.
Teknologi Front End
a.
Aplikasi Smartphone Android & iOS
Gojek membuat aplikasi yang sangat user friendly bagi pengguna smartphone
Android berkat fitur dari Bahasa pemrograman Ruby
2.
Database
a.
Cloud Computing
Cara kerja dari Cloud Computing ini adalah pengguna mengirimkan instruksi
dan disimpan, dengan menggunakan jaringan
Internet instruksi tersebut tersimpan secara virtual. Server pun menerima
instruksi demi instruksi, ketika semua instruksi tersimpan maka Cloud akan
memproses kumpulan data instruksi tersebut. Hasilnya, aplikasi akan
menampilakan halaman baru yang berbeda sesuai instruksi yang masuk. Semua data
dan program software sejatinya tidak disimpan pada computer atau device smartphone
tetapi disimpan didalam Cloud yang sudah terintegrasi pada Computer pusat
dengan menggunakan koneksi Internet.
3.
API ( Application
Programming Interface)
a.
Google Maps
Pasti kita semua merasakan bahwa aplikasi Gojek itu terasa ringan dan
responsive, hal itu berkat bantuan dari API yang disediakan Google Maps. Jadi didalam
aplikasi Gojek sendiri tidak ada satupun kodingan Google Maps hanya saja ada API yang menjembatani Aplikasi
dengan server google yang menyimpan listing dari Google Maps tersebut.
b.
Google Place
API Google Place ini berguna menampilkan tempat apa saja yang ada pada
MAPS, tanpa harus melihat detail alamat Place yang dituju.
4.
Costumer Service
a.
Website
Gojek menyediakan antar muka profil perusahaan berbentuk Website, website
gojek terkesan Responsive , itu berkat penggunaan Framework Front-End Bootstrap
yang diimplementasikan pada Website Gojek .
b.
Call Center
Penggunaan
teknologi informasi untuk Call Center ini membuat pengguna aplikasi gojek yang
memiliki masalah terhadap layanan dapat dengan mudah diterima tanpa harus
menunggu lama karna antrian.
Jadi kesimpulan nya Gojek menggunakan banyak fitur terkini
untuk menghasilkan satu aplikasi yang sangat bagus dalam User Experience nya dan juga Keamanannya. Walaupun ada bug bug
yang muncul tetapi dengan solidnya kemampuan IT Programmer nya bisa memecahkan
bug bug yang ada.
0 Response to "Gojek dan Perananan Teknologi Informasi didalamnya"
Posting Komentar